Setiap awal tahun di antara bulan Januari sampai akhir Maret untuk wajib pajak orang pribadi atau April untuk wajib pajak badan usaha, banyak jasa konsultan pajak SPT Tahunan yang menghadapi periode kerja yang padat dan bertepatan dengan musim pelaporan SPT Tahunan.
Dalam periode ini, lonjakan permintaan atas jasa pelaporan pajak baik individu maupun perusahaan dapat meningkat tajam. Bagaimana simulasi dari proses kerja konsultan pajak ketika menangani klien selama periode krusial tersebut?
Persiapan Menyusun Strategi dan Sumber Daya

Ketika ingin melaporkan SPT Tahunan, tentu saja harus ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, oleh karena itu, berikut adalah hal yang perlu Anda persiapkan:
Penjadwalan dan Manajemen Klien
Dari akhir Desember atau awal Januari, jasa konsultan pajak sudah mulai mengatur jadwal serta menyusun prioritas penanganan klien. Mereka biasanya akan mengelompokkan klien berdasarkan kompleksitas kewajiban pajaknya. Contoh, wajib pajak pribadi karyawan biasa, pengusaha atau badan usaha dengan laporan keuangan yang kompleks.
Tim konsultan tentunya juga akan membuat sistem antrian internal serta menggunakan software manajemen klien atau CRM untuk memantau status pelaporan dari masing-masing klien.
Menyiapkan Dokumen Standar
Konsultan pajak akan membantu untuk menyusun dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan SPT Tahunan. Apa saja dokumen tersebut?
- Formulir 1721-A1/A2 yang digunakan sebagai bukti potong pajak penghasilan oleh pemberi kerja.
- Laporan keuangan akhir tahun.
- Rekap penghasilan dan juga pengeluaran.
- Bukti pembayaran PPh pasal 25, 21, 23 atau 4(2).
- Daftar aset dan kewajiban.
Daftar dokumen di atas biasanya akan dikirimkan ke klien sejak awal Januari agar nantinya pengumpulan dokumen dapat lebih awal.
Tahap Pengumpulan dan Verifikasi Data
Setelah semua dokumen sudah selesai dipersiapkan, langkah berikutnya adalah mengumpulkan dan memverifikasi data. Berikut, hal yang perlu diperhatikan:
Melakukan Koordinasi Dengan Klien
Konsultan nantinya akan menghubungi klien melalui telepon, email maupun pertemuan secara daring untuk mengingatkan Anda mengenai tenggat waktu dan permintaan dokumen. Untuk klien lama biasanya komunikasi akan berjalan lebih cepat karena data tahun sebelumnya dapat menjadi acuan.
Namun, untuk klien baru, biasanya konsultan akan melakukan wawancara awal untuk memahami jenis penghasilan, kegiatan usaha, sumber penghasilan dan struktur kepemilikan jika terkait badan usaha.
Melakukan Verifikasi Dokumen
Jika semua dokumen sudah diterima, jasa konsultan akan mengecek keabsahan dan juga kelengkapannya secara menyeluruh. Apa saja?
- Mengecek kecocokan antara penghasilan yang ada di dalam Form A1 dengan slip gaji bulanan sebagai bagian dari proses verifikasi.
- Meninjau laporan keuangan dari bank dan mutasi rekening untuk memastikan keakuratan data.
- Memeriksa laporan bank dan transaksi pada mutasi rekening.
Jika nantinya ditemukan Adanya ketidaksesuaian, konsultan akan menghubungi klien untuk melakukan klarifikasi atau meminta dokumen tambahan.
Penghitungan dan Pelaporan Pajak
Setelah itu, jasa konsultan pajak SPT Tahunan akan melakukan penghitungan dan pelaporan pajak. Namun, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan:
Perhitungan Kewajiban Pajak
Jasa konsultan akan mulai menghitung jumlah pajak terutang berdasarkan data yang sudah diverifikasi. Untuk prosesnya sendiri mencakup beberapa hal ini:
- Menentukan penghasilan neto.
- Menghitung penghasilan kena pajak.
- Menyesuaikannya dengan tarif pajak progresif untuk OP atau tarif PPh untuk badan usaha.
- Mengkreditkan pajak yang sudah dibayarkan, contoh PPh 21, 23.
Konsultan pajak juga akan mengidentifikasi potensi insentif atau pengurangan pajak yang berlaku. Misalnya PPh final UMKM atau Penghasilan Tidak Kena Pajak.
Simulasi dan Komunikasi Hasil
Setelah proses penghitungan selesai, hasilnya akan dikomunikasikan kepada klien dalam bentuk ringkasan atau laporan simulasi. Jasa konsultan akan menjelaskan apakah terdapat kekurangan atau lebih bayar, selain itu juga menyampaikan dampak perpajakan jika terjadi selisih yang signifikan.
Jika terdapat kekurangan bayar, tentunya klien akan diminta untuk melakukan setor pajak lebih dulu melalui e-Billing sebelum melakukan pelaporan SPT.
Pelaporan Pajak Via DJP Online
Jika semua kewajiban sudah terpenuhi, konsultan pajak akan mengisi dan mengunggah SPT melalui platform DJP Online. File CSV dan dokumen pendukung dilampirkan sesuai dengan ketentuan. Untuk SPT yang berpotensi restitusi, pelaporan dapat dilengkapi dengan surat kuasa dan permohonan lebih bayar.
Tahap Penutupan dan Dokumentasi
Langkah selanjutnya adalah penutupan dan dokumentasi, dalam tahapan ini ada hal yang perlu Anda ketahui agar proses pelaporan SPT Tahunan bisa optimal, inilah di antaranya:
Arsip Digital dan Manual
Konsultan pajak akan menyimpan semua dokumen klien ke dalam sistem penyimpanan yang berbasis cloud atau server lokal internal, lengkap dengan bukti pelaporan dan juga bukti setor pajak. Hal tersebut sangat penting untuk kebutuhan audit atau permintaan data oleh klien kedepannya.
Evaluasi Internal
Setelah akhir bulan Maret atau April, tim konsultan pajak biasanya akan mengadakan rapat evaluasi internal. Beberapa hal yang akan dievaluasi adalah efisiensi alur kerja, jumlah klien yang berhasil dilaporkan dengan tepat waktu, tantangan dan kesalahan yang terjadi serta rencana perbaikan untuk musim SPT tahun depan.
Tantangan yang Dihadapi Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi tantangan untuk jasa konsultan pajak ketika melakukan pelaporan pajak. Berikut, di antaranya:
Lonjakan Permintaan Jasa
Biasanya, konsultan pajak dapat menangani dua sampai tiga kali lipat jumlah klien dibandingkan bulan biasa dalam kurun waktu 3 bulan. Hal tersebut menuntut efisiensi tinggi, pembagian kerja yang baik dan juga dukungan teknologi.
Data Telat atau Tidak Lengkap
Ada banyak klien yang terlambat untuk menyerahkan dokumen atau bisa juga tidak memahami pentingnya kelengkapan data. Konsultan pajak tentu saja perlu bersabar sembari memberikan edukasi klien secara terus menerus.
Perubahan Regulasi
Terkadang, aturan perpajakan dapat berubah di awal tahun, misalnya batas PTKP, tarif PPh atau format pelaporan. Jasa konsultan harus selalu mengikuti perkembangan agar pelaporannya bisa sesuai dengan aturan terbaru.
Jasa Konsultan Pajak Terbaik
Menggunakan jasa konsultan pajak merupakan pilihan terbaik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pajak, terutama jika Anda ingin lebih fokus mengembangkan bisnis.
Mastax Academy bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena menyediakan layanan perpajakan yang cukup lengkap. Mulai dari perencanaan keuangan, perencanaan dan pelaporan pajak, strategi perpajakan, konsultasi tentang kepatuhan pajak dan edukasi manajemen keuangan serta perpaajakan untuk membantu klien lebih paham dan patuh dengan regulasi yang berlaku.
Biaya yang ditawarkan tentu saja bervariasi, tergantung dari masing-masing layanan. Namun, tidak perlu khawatir karena untuk konsultasi awal bisa gratis, jadi akan sangat menguntungkan.
Jadi, jika Anda berminat untuk bekerjasama dengan Mastax Academy, bisa langsung hubungi 082221283460 sekarang juga.
Musim pelaporan SPT merupakan masa kerja yang paling krusial untuk semua jasa konsultan pajak SPT Tahunan. Oleh karena itu, butuh adanya perencanaan yang matang, komunikasi yang intensif dengan klien, ketelitian dalam melakukan verifikasi dokumen dan kemampuan teknis dalam perhitungan dan pelaporan. Dengan demikian, kewajiban perpajakan akan tepat waktu dan optimal.
Muhammad Choirul Huda
Director